Asistensi Akreditasi Rumah Sakit


PENDAHULUAN

Perubahan paradigma akreditasi mulai dilakukan sejak tahun 2012. Standar akreditasi berubah menjadi berfokus kepada pasien, yang dikembangkan dengan mengacu kepada standar dari Joint Commission International (JCI) ditambah dengan sasaran program Millenium Development Goals (MDGs). Penambahan Sasaran Program MDGs merupakan bentuk komitmen Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) dalam mensukseskan program-program pemerintah. Standar akreditasi baru tersebut terdiri dari 4 kelompok yaitu : standar pelayanan berfokus pasien, standar manajemen rumah sakit, sasaran keselamatan pasien, sasaran program MDGs. Perubahan standar perlu pula diikuti dengan perubahan instrumen akreditasi dan perubahan metode survei. Survei akreditasi lama lebih fokus ke input atau dokumen-dokumen, sedangkan akreditasi baru selain input juga proses dan output/outcome yang akan dinilai dan ditelusuri oleh para surveior.

Metode telusur merupakan hal yang penting didalam survei standar akreditasi baru ini. Baik telusur individu maupun telusur sistem akan dilakukan oleh para surveior dalam melakukan survei akreditasi. Karena itu rumah sakit tidak hanya melengkapi dokumen tetapi perlu melakukan persiapan pelaksanaan survei akreditasi melalui simulasi survei sehingga dapat diketahui proses kegiatan yang sudah memenuhi standar dan yang belum. Simulasi survei memang bisa dilakukan sendiri oleh rumah sakit, namun bisa juga dilakukan oleh pihak luar. Dalam rangka membantu persiapan pelaksanaan survei akreditasi maka Komisi Akreditasi Rumah Sakit menyediakan bantuan simulasi survei berdasarkan permohonan dari rumah sakit.

Dalam rangka membantu rumah sakit mempersiapkan akreditasi rumah sakit versi KARS 2012 dan yang utama adalah membantu rumah sakit untuk menyediakan dan menyelenggarakan pelayanan yang berorientasi pada mutu dan keselamatan pasien ini maka dengan niat yang tulus kami menawarkan kerjasama Pendampingan Persiapan Akreditasi Rumah Sakit Versi KARS 2012 sehingga rumah sakit mampu mempersiapkan, mengorganisasikan, melaksanakan dan mengevaluasi seluruh proses untuk dilakukan akreditasi dengan sertifikat AKREDITASI PARIPURNA.

TUJUAN

1.    Tujuan Umum

Setelah dilakukan Pendampingan Persiapan Akreditasi Versi KARS 2012 diharapkan Rumah Sakit dapat meningkatkan mutu pelayanan, melalui implementasi standar akreditasi yang berorientasi kepada mutu dan keselamatan pasien

 

2.    Tujuan Khusus

  • Rumah Sakit dapat mengetahui dan menerapkan standar akreditasi versi KARS 2012
  • Rumah Sakit dapat menyiapkan dokumen akreditasi versi KARS 2012
  • Rumah Sakit dapat mengetahui kegiatan yang harus dilaksanakan
  • Rumah Sakit dapat memenuhi standar akreditasi versi KARS 2012
  • Meningkatnya pemahaman para praktisi Rumah sakit terhadap standar akreditasi pelayanan berfokus pada pasien.

SASARAN

Rumah Sakit yang akan mempersiapkan diri untuk maju AKREDITASI versi KARS 2012.

 

TEMPAT DAN WAKTU PELAKSANAAN

Ditentukan oleh rumah sakit yang mengajukan Pendampingan Persiapan Akreditasi versi KARS 2012.

 

KETENTUAN DAN PEMBIAYAAN

1.    Pilihan Paket Pendampingan Persiapan Akreditasi Versi KARS 2012

a.     PAKET A

NO BAB/POKJA STD EP
1 Sasaran Keselamatan Pasien (SKP) 6 24
2 Hak Pasien dan Keluarga (HPK) 30 100
3 Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) 24 83
4 Kualifikasi dan Pendidikan  Staff (KPS) 24 99

d.    PAKET B

NO BAB/POKJA STD EP
1 Sasaran Keselamatan Pasien (SKP) 6 24
2 Hak Pasien dan Keluarga (HPK) 30 100
3 Pendidikan Pasien dan Keluarga (PPK) 7 28
4 Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP) 23 88
5 Sasaran Millenium Development Goals (MDGs) 3 19
6 Akses Pelayanan dan Kontinuitas Pelayanan (APK) 23 85
7 Asesmen Pasien (AP) 44 184
8 Pelayanan Pasien (PP) 22 74
9 Pelayanan Anestesi dan Bedah (PAB) 14 51
10 Manajemen Penggunaan Obat (MPO) 21 84
11 Manajemen Komunikasi dan Informasi (MKI) 28 109
12 Kualifikasi dan Pendidikan  Staff (KPS) 24 99
13 Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) 24 83
14 Tata Kelola, Kepemimpinan dan Pengarahan (TKP) 27 98
15 Manajemen Fasilitas dan Keselamatan (MFK) 27 92

2.    Rumah Sakit dapat memilih paket pendampingan sesuai dengan kebutuhan Rumah Sakit atau memilih Paket A, dan atau B (Paket Lengkap).

3.    Masing – masing Paket pendampingan akan dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati antara konsultan dan pihak Rumah Sakit, tetapi sebagai gambaran bahwa minimal pertemuan untuk pendampingan.